Senin, 13 Oktober 2014

9 Makanan Yang Menurunkan Kadar Kolesterol

    Tomat. Meskipun tergolong ke dalam buah-buahan, mengkonsumsi tomat ternyata dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Anda dapat membuat jus tomat yang enak dan minumlah dua gelas jus tomat setiap hari.
    Delima. Buah bulat merah kecil tersebut ternyata juga sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh khususnya berfungsi mengurangi penumpukan plak kolesterol serta mampu meningkatkan produksi oksida nitrat yang dapat membantu dalam mengurangi plak pada arteri.
    Alpukat. Buah dengan penampakan bulat lonjong dan bewarna hijau tersebut merupakan salah satu buah yang dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh. Ini dikarenakan, ada dua jenis kolesterol dalam tubuh kita yaitu kolesterol jahat (Low-density lipoprotein) dan kolesterol baik (High-density lipoprotein).

     Anggur. Buah anggur ternyata juga sangat baik untuk meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh. Dengan rutin minum dua gelas jus anggur setiap hari dapat menjaga kadar kolesterol baik dalam tubuh anda.
    Bawang putih. Meskipun tergolong rempah-rempah atau salah satu bumbu dapur bagi semua ibu rumah tangga. Bawang putih ternyata juga sangat efektif membantu menurnkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Usahakan untuk mengkonsumsi satu siung bawang putih perhari untuk menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh anda (andapun bisa mencampurkannya kedalam berbagai jenis masakan anda).
    Aneka olahan kedelai (tahu dan tempe). Kedua jenis makanan tersebut juga sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh anda. Manfaat lain yang dapat diperoleh yaitu terdapat sumber protein dalam kedua jenis makanan tersebut.
    Kacang-kacangan. kacang-kacangan yang dimaksud seperti kacang tanah, kenari, almond serta edamame. Kandungan lemak omega 3 dan antioksidan dalam kacang-kacangan sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh anda.
    Salmon. Ikan salmon mengandung sumber asam lemak omega 3 yang cukup tinggi. yang dapat berfungsi untuk meningkatkan kadar kolesterol baik didalam tubuh anda.
    Bayam. Sayuran berdaun hijau kesukaan popeye ini mengandung sumber lutein. Lutein dalam bayam berfungsi membantu menurunkan kadar kolesterol jahat didalam tubuh. Jadi, ada baiknya mulai menyediakan sayur bayam sebagai menu makan harian anda.

       Untuk mengontrol kadar kolesterol jahat yang tidak terkendali, maka ada baiknya anda mengurangi untuk mengkonsumsi berbagai makanan pencetusnya seperti daging, keju maupun kuning telur, aneka produk susu, makanan gorengan (lemak trans) maupun berbagai makanan yang mengalami proses pembekuan. Olahraga teratur dapat membantu membantuk membentuk tubuh proporsional. Karena berat badan berlebih juga akan dibarengi dengan meningkatnya kada kolesterol jahat dalam tubuh. Kadar kolesterol normal dalam tubuh berkisar 100 mg/dl (100 miligram per desiliter). Berbagai faktor yang dapat mempengaruhi kadar koleterol didalam tubuh seperti usia, jenis kelamin, riwayat kesehatan keluarga serta gaya hidup yang anda jalani. Poin yang dapat disimpulkan tentang menjaga kadar kolesterol tetap stabil yaitu rutin mengkonsumsi aneka buah dan sayuran hijau, rutin berolahraga, menghindarkan diri dari berbagai kebiasaan buruk seperti merokok serta rutin konsultasikan dan cek kadar kolesterol dalam tubuh dengan dokter spesialis anda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar